Home / Program HIV-AIDS / ODHA Mudah Tertular COVID-19

ODHA Mudah Tertular COVID-19

Orang dengan HIV/AIDS (Odha) rentan terinveksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Lantaran sistem kekebalan tubuh ODHA melemah sejak terinveksi HIV. Penularan virus corona terjadi melalui dropret partikel, percikan saluran nafas, kontak erat dan kontak lingkungan yang tercemar. Untuk itu, ODHA harus mencegah beberapa langkah antara lain sering mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar, menggunakan masker jika sakit dan berdiam diri di rumah. Selain itu, menjaga jarak aman 1-2 meter.

Yayasan Permata Atjeh Peduli (YPAP) melakukan terus melakukan Monitoring terhadap 145 ODHA binaannya yang tergabung dalam KSM di 9 Kab/Kota di Provinsi Aceh. Pengawasan yang dilakukan dengan melalui Komunikasi Instens melalui WA Grup atau melalui telp.

Alhamdullilah sampai saat ini tanggal 30 Maret 2020, belum ada yang di laporkan ODHA terinfeksi COVID-19. kerjasama pengawasan ini juga dilakukan melalui kerjasama dengan Pihak rumah sakit dan Puskesmas.

YPAP juga terus melakukan upaya peningkatan pengetahuaan ODHA dan saling mengigati agar ODHA harus lebih waspada terhadap penularan Covid-19 karena ODHA merupakan Komunitas yang paling rentan terhadap penularan.

 

Check Also

Buku YPAP

Satu Dasa Warsa YPAP Mengabdi untuk Aceh : Bekerja dan Merajut asa bersama mereka yang terpinggirkan

Satu Dasa Warsa YPAP Mengabdi untuk Aceh : Bekerja dan Merajut asa bersama mereka yang …