Home / Program Narkoba / Penguna Narkoba di Aceh Banyak Yang Mengalami Kejiwaan

Penguna Narkoba di Aceh Banyak Yang Mengalami Kejiwaan

Tinggi Peredaran Narkoba di aceh, semakin meresahkan Masyarakat. terutama Para Orang tua yang memiliki anak di usia remaja. Narkoba di Aceh sangatlah mudah untuk di beli dan harganya juga tergolong Murah di bandingkan Kota-kota lain di Indonesia. Panti Pemulihan Adiksi Permata Atjeh selama Tahun 2020 menerima 70% Pasien Rehabilitasi Adiksi Narkoba telah mengalami Kejiwaan (Dual Diagnosis).

Dual diagnosis atau dual disorders adalah istilah yang dipergunakan untuk menggambarkan individu yang mengalami penyakit mental berat dan gangguan penggunaan zat. Diagnosis ini terdiri dari diagnosis psikiatri dan diagnosis ketergantungan zat yang dapat meliputi alkohol maupun obat.

Yayasan Permata Atjeh Peduli (YPAP) menghimbau kepada Masyarakat yang memiliki salah satu keluarganya sebagai penguna Narkoba untuk Tidak Malu, tidak juga melindungi atau karena rasa sayang. banyak alasan kenapa Keluarga atau Orang tua tidak mau mengantar Anak-anaknya ke Rehabilitasi Narkoba. bentuk Penundaan ini lah yang pada akhirnya membuat si – Anak mengami Kejiwaan.

Co Dependency adalah apabila salah satu anggota keluarga menjadi pecandu Napza, Maka seluruh keluarga ikut terkena dampaknya (ikut menderita). Reaksi Umum yang dialami oleh keluarga pecandu adalah: Bingung, panik, kecewa, kecewa, marah, merasa bersalah, rasa malu, saling tegas, saling curiga dan putus asa. Kondisi “KACAU” yang biasa digunakan oleh sipecandu itu sendiri sebagai pembenarannya untuk gaya hidup adiksinya. Hidup dengan pecandu aktif adalah masa yang penuh traumatik.

Dibanyak Keluarga Yang Hidup dengan mereka, mereka Selalu Hidup dalam suasana keluarga yang penuh ketegangan. Suasana keluarga akan selalu penuh ketegangan, kebuntuan dan keributan dan pada akhirnya menghadirkan ketergantungan (Codependent). Kedamaian dan keharmonisan keluarga pastinya akan terganggu, bahkan pada kasus-kasus tertentu akan membawa kehancuran.

Panti Pemulihan Adiksi Narkoba memiliki Program TC, NA dan Spritual Agama. di bawah Dukungan BNNK Kota Lhokseumawe dan bekerjasama dengan Pondok Pasantren Nurul Aziziyah, telah banyak mendidik Generasi Aceh menuju Pemulihan dan Berdaya.

Check Also

Kasat Resnarkoba Polres Lhokseumawe Kunjungi Panti Rehabilitasi Narkoba YPAP

Besarnya Kepedulian dan Komitmen Kasat Resnarkoba  Iptu Jeffryandi terhadap pemberantasan Narkoba di Kota Lhokseumawe, yang …